Penanaman Bibit Mangrove Serentak di 77 Lokasi oleh TNI AL Pecahkan Rekor MURI

Penananam bibit mangrove secara serentak di 77 lokasi yang dilakukan TNI Angkatan Laut (TNI) AL pada Selasa (26/7/2022) pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Penghargaan MURI langsung diberikan pihak MURI kepada TNI AL yang diterima langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono usai melakukan penanaman. Wakil Direktur MURI, Osmar Semesta Susilo mengatakan rekor penanaman mangrove di 77 lokasi ini begitu istimewa.

"Ini adalah hal yang luar biasa, hal yang bisa membantu melawan climate change dan juga membantu masyarakat melawan abrasi abarasi di pantai," ujar Osmar saat ditemui awak media usai memberi penghargaan. Tak hanya MURI, Omar mengatakan penanaman mangrove di 77 lokasi ini juga yang pertama dalam memecahkan rekor dunia. TNI AL menggelar kegiatan penanaman mangrove nasional secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan dengan penyelenggara Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral) ini dilaksanakan di 77 lokasi dan dipusatkan di Tanjung Pasir, Teluk Naga, Tangerang, Banten.

Penanaman ini merupakan upaya TNI AL guna mengoptimalkan pembinaan potensi maritim dalam rangka menyiapkan kemampuan wilayah pertahanan laut dan kekuatan pendukungnya secara dini. Acara ini juga dalam menyambut Hari Mangrove Sedunia yang diperingati setiap tanggal 26 Juli sekaligus dalam rangka memperingati HUT ke 77 kemerdekaan RI. Dalam kegiatan turut hadir Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya Bakar juga Duta Besar (Dubes) Amerika, Jepang, Uni Emirat Arab, Korea, Uni Eropa, dan Jerman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.