Menilik Persiapan Autopsi Ulang Brigadir J di RSUD Sungai Bahar Jambi, Kain Oranye Sudah Dipasang

Jenazah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J akan di autopsi ulang tim dokter forensikRabu (27/6/2022) pagi. Proses autopsi ulang jenazah Brigadir J ini atas permintaan pihak keluarga melalui kuasa hukum. Tentu, hal ini berdasarkan hasil pengamatan pihak keluarga yang melihat ada kejanggalan luka pada jenazah Brigadir J.

Dimana, Brigadir J dikabarkan tewas akibat luka tembak saat berada di kediaman Kadiv Propam non aktif Irjen Ferdy Sambo, Jumat (8/7/2022) lalu. Namun, pihak keluarga melihat kondisi jenazah Brigadir J tidak wajar. Mulai dari luka sayatan di bagian muka dan kepala, kondisi jari yang retak, hingga memar dibagian dada.

Untuk itu, autopsi ulang akan digelar di RSUD Sungai Bahar, dekat lokasi makam Brigadir J. Berdasarkan pengamatan, lokasi autopsi jenazah Brigadir J akan dilakukan di bagian sisi sebelah kanan Gedung RSUD. Adapun tirai berwarna oranye telah dipasang di lokasi autopsi. Tirai itu bahkan dipasang sampai atas atap halaman gedung RSUD tersebut.

Tali plastik berwarna hitam oranye juga telah dipasang sebagai pembatas. Dimana, nantinya awak media maupun pihak yang ingin melihat kedatangan jenazah. Ruang khusus untuk keluarga juga telah dipersiapkan pihak RSUD untuk menunggu proses autopsi ulang tersebut.

Di dekat ruang autopsi, juga disediakan beberapa kursi untuk pihak keluarga maupun tamu yang ingin melihat. Meski begitu, nantinya proses autopsi akan tertutup oleh kain orange yang telah terpasang. Pihak RSUD juga telah menyiapkan ruang khusus untuk awak media menunggu hasil autopsi.

Nantinya, pihak dokter yang melakukan autopsi akan memberikan keterangan kepada awak media usai proses tersebut selesai. Berdasarkan informasi dari Ayah Brigadir Yosua, Samuel Hutabarat dan Dirut RSUD Sungai Bahar dr Aang Hambali, proses penggalian makam akan dilaksanakan mulai pukul 07.00 wib. Sementara itu personil kemananan akan melaksanakan apel pagi pada pukul 06.30 wib.

Sebelum proses penggalian makan akan dilakukan upacara keagamaan dari gereja, setelah itu akan langsung dilakukan penggalian oleh 5 orang dari ormas PBB (Pemuda Batak Bersatu) yang telah ditunjuk oleh keluarga. Seluruh Pihak keluarga Brigadir Yosua akan ikut ke makam menggunakan satu kendaraan. Selanjutnya peti jenazah akan dibawa ambulans menuju RSUD Sungai Bahar sekira pukul 08.00 wib diikuti oleh pihak keluarga.

Setelah dibawa ke ruang Autopsi, peti jenazah akan dibuka oleh dua orang, satu dari anggota keluarga, yakni adik dari ibu Brigadir Yosua dan satu orang lagi dari Pembina PBB dan Tokoh Agama, Pendeta Royanto Sutumorang. Proses Autopsi rencananya akan disaksikan satu anggota keluarga antara Ayah, Samuel Hutabarat atau Bibi Rohani Simanjuntak. Diketahui, peristiwa kematian Brigadir J pada 8 Juli 2022 di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo, Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan dinilai sebagian pihak banyak kejanggalan.

Kasus tersebut kemudian dilaporkan kuasa hukum keluarga Brigadir J ke Bareskrim Polri dan saat ini sudah naik tahap penyidikan. Terbaru, pihak kepolisian akan melakukan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir j pada Rabu (27/7/2022) di Jambi dalam rangka mengungkap kasus tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.