Kasus Covid-19 Mulai Merebak di Kompetisi BRI Liga 1, Kemenpora Peringatkan PSSI dan Klub

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Zainudin Amali memberikan pandangannya terkait kasus Covid 19 yang mulai menimpa beberapa kontestan BRI Liga 1 2021. Zainudin Amali langsung mengingatkan PSSI dan klub klub BRI Liga 1 2021 agar memperketat protokol kesehatan. Ia juga menyatakan bahwa pandemi Covid 19 masih belum selesai dan wajib mawas diri menjaga kesehatan masing masing.

Terutama seluruh elemen tim yang sedang mengarungi kompetisi BRI Liga 1 2021 dengan sistem bubble. Sebagaimana diketahui, Arema FC merupakan tim pertama yang pemainnya terserang Covid 19. Kasus Covid 19 menimpa Arema FC saat memasuki pekan 20 dan setelah itu ada jeda kompetisi sekitar 10 hari.

Namun sekarang kelima pemain Arema FC itu sudah dinyatakan sembuh dan bisa membantu klubnya meraih kemenangan di pekan 21. Kelima pemain Arema FC yang telah sembuh itu adalah Carlos Fortes, Rensi Yamaguchi, Sergio Silva, Adilson Maringa, dan Fabiano Beltrame. "Saya sudah berkoordinasi dengan PSSI, menanyakan tentang terpaparnya beberapa pemain Liga 1." kata Zainudin Amali dikutip dari laman Kemenpora.

"Saya sudah minta supaya PSSI mengingatkan kembali kepada klub klub peserta Liga 1 untuk memperketat prokes sesuai komitmen mereka seperti yang sudah disepakati sebelum bergulirnya Liga 1. "Saya ingin mengingatkan kembali bila komitmen awal yang sudah disepakati tidak diperhatikan, maka akan mengganggu kelancaran jalannya kompetisi, ini akan merugikan semua pihak termasuk klub itu sendiri beserta para pemainnya," lanjutnya. "Jangan kita lengah karena pandemi ini belum berakhir. Manajemen klub harus lebih memperketat lagi dan menjaga timnya supaya mematuhi bubble sistem yg berlaku, hanya dari hotel tempat menginap ke tempat pertandingan dan sebaliknya, jangan sampai keluar dari area itu," jelas Zainudin Amali.

Sementara itu kabar terbaru menyebutkan, sekarang ada empat tim BRI Liga 1 2021 yang sedang terserang kasus Covid 19. Keempat tim BRI Liga 1 2021 itu adalah Persib Bandung, Persebaya Surabaya, PSM Makassar dan Persija Jakarta. Klub berjuluk Maung Bandung ini mengabarkan bahwa ada 9 pemainnya yang terkonfirmasi positif Covid 19.

"Mengacu pada hasil pemeriksaan PCR berkala yang dilakukan Persib baru baru ini, terdapat sembilan pemain yang dinyatakan positif Covid 19." tulis pernyataan Persib. Kesembilan pemain yang dinyatakan Covid 19 masih dirahasiakan oleh Maung Bandung. "Sehubungan dengan hal ini, Persib terus berkoordinasi secara intensif dengan PT LIB dan Satgas Covid 19 mengenai protokol yang harus dijalankan untuk memastikan keamanan pemain yang terpapar Covid 19 dan pemain lainnya." lanjut pernyataan Persib.

"Saat ini para pemain Persib yang terpapar Covid 19 sedang menjalankan karantina dan dalam keadaan sehat tanpa menunjukkan gejala. Tim besutan Aji Santoso mengkonfirmasi ada sebanyak 3 pemain yang menunjukan hasil tes positif Covid 19. Persebaya Surabaya juga belum memberikan rincian tiga pemain yang dimaksud.

Meskipun demikian, para pemain Persebaya Surabaya yang terpapar itu langsung diperintahkan untuk menjalani isolasi mandiri. "Berdasarkan hasil pemeriksaan tes swab PCR, ada tiga pemain Persebaya yang positif Covid 19." bunyi rilis klub. "Tidak ada gejala apa pun pada ketiga pemain tersebut. Semuanya kini menjalani karantina, sesuai dengan arahan PT LIB dan Satgas Covid 19 di Bali."

Melalui Asisten Manajer PSM Makassar Syahrir Nawir, ia mengabarkan bek asingnya berkebangsaan Inggris, Adam Mitter terkonfirmasi Covid 19. Hal tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan PCR sehari sebelum pertandingan PSM lawan PS Barito Putera. Tak ayal, namanya pun tidak masuk dalam daftar susunan pemain PSM versus Barito Putera, Jumat (28/1/2022) malam kemarin.

Rekrutan anyar PSM di bursa transfer paruh musim itu pun harus menjalani karantina. Kendati demikian, Laskar Pinisi mampu menaklukkan Laskar Antasari dengan skor 2 1. Beralih ke Persija Jakarta yang telah lebih dahulu mengabarkan bahwa winger andalannya Riko Simanjuntak.

Winger Persija Jakarta yang bernomor punggung 25 itu telah melewatkan pertandingan pekan 21 BRI Liga 1 2021 saat Persija Jakarta mengalahkan Persita Tangerang dengan skor 1 2. Kondisi teranyar Riko dijelaskan langsung oleh Sudirman selaku pelatih Persija Jakarta. Menurutnya, Riko akan akan menjalani karantina selama lima hari sejak 26 Januari 2022.

Sehingga, dia dipastikan belum bisa bergabung dengan tim hingga dipastikan sembuh dari Covid 19. Saat ini pihaknya juga masih menunggu perkembangan kondisi Riko. "Kemudian juga Riko karena dari tes terakhir dia itu dikarantina selama lima hari." kata Sudirman dikutip dari laman Bolasport.

"Tentunya dari tanggal 26 ke lima hari kan tanggal satu dites kembali, jadi seperti itu kondisinya,' pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.